Oleh: fayday | Oktober 24, 2007

Review Buku : Laskar pelangi

Judul : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tebal : 529 hal
ISBN : 979-3062-79-7
laskar pelangi cover

Buku ini saya beli setelah meminjam ke teman kerja,
beberapa bulan kemudian saya putuskan untuk membelinya sebagai koleksi.

Berikut ulasan yang saya baca
Kami sangat menyukai pelangi. Bagi kami pelangi adalah lukisan alam, sketsa Tuhan yang mengandung daya tarik mencengangkan.
Tak tahu siapa di antara kami yang pertama kali memulai hobi ini, tapi jika musim hujan tiba kami tak sabar menunggu kehadiran lukisan langit manakjubkan itu.
Karena keragaman kolektif terhadap pelangi maka Bu Mus menamai kelompok kami Laskar Pelangi. (hal 160)

Masa kecil selalu indah untuk dikenang. Tanpa disadari apa yang kita alami di masa kecil akan membentuk kita pada hari ini. Apa yang kita lakukan hari ini, bagaimana cara pandang hidup kita terhadap hidup ini, semua terbentuk saat masa kecil.
Novel ini diangkat dari memoar masa kecil penulisnya – Andrea Hirata – atau tokoh Ikal dalam novel ini yang dengan apik mengolah pengalaman masa kecilnya bersama Laskar Pelangi menjadi suatu novel yang memikat dan menyentuh secara emosional bagi siapapun yang membacanya
Laskar Pelangi bertutur tentang petualangan kesebelas anak kampung Melayu Belitong yang hidup dalam kemelaratan.

Mereka secara tidak disengaja dipersatukan ketika sama-sama memasuki bangku sekolah di kampungnya. Novel ini diawali dengan kisah dramatis penerimaan murid baru di sekolah miskin SD Muhammadiyah yang merupakan satu-satunya sekolah yang ada di kampung tersebut.
Sebuah sekolah yang terpinggirkan dan hampir saja ditutup jika tak memenuhi kuota menerima 10 orang murid SD di tahun ajaran pertamanya.
Pada detik-detik terakhir menjelang batas waktu penerimaan murid baru usai kuota itu belum juga terpenuhi, para guru dan calon murid yang menunggunya sudah siap menelan kekecewaan tak bisa bersekolah karena sekolahnya akan ditutup..
Untunglah di detik-detik terakhir muncul seorang calon murid yang memungkinkan sekolah tersebut bisa terus berjalan.
Kesepuluh anak inilah yang merupakan cikal-bakal terbentuknya Laskar Pelangi.

Sembilan tahun bersama –sama (6 tahun SD dan 3 tahun SMP) dalam kelas dan bangku yang sama membuat ikatan persahabatan diantara mereka semakin erat, begitupun ikatan dengan guru dan sekolahnya yang membuat mereka saling melengkapi dan dengan kreativitasnya masing-masing membela dan memperjuangkan sekolah mereka dari pandangan rendah sekolah-sekolah lain diluar kampung mereka yang telah mapan.
Keragaman karakter Laskar Pelangi yang terjaga kekonsistenannya hingga akhir cerita membuat alur cerita dalam novel ini semakin menarik. Sebut saja tokoh Lintang si super jenius, Mahar sang seniman, Flo anak tomboi gedongan yang memutuskan untuk bergabung dengan Laskar Pelangi, Sahara gadis yang judes, Kucai yang bercita-cita jadi politikus, Samson yang perkasa, Syahdan yang ingin jadi aktor Akiong yang pengugup, Harun “anak kecil yang terperangkap dalam tubuh dewasa”, Trapani, pria yang tampan dan lembut, Borek si pengacau, dan Ikal si pemimpi yang merupakan tokoh yang bercerita dalam novel ini.

Memang tak semua anggota Laskar Pelangi mendapat porsi yang sama kemunculannya dalam novel ini, selain Ikal si pencerita tokoh Lintang mendapat porsi yang cukup banyak. Lintang si anak kuli kopra yang jenius yang harus bersepeda sejauh 80 klilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu membuat pembaca novel ini termotivasi semangatnya untuk terus mengejar ilmu tanpa menyerah. Berkat kejeniusannya Lintang kelak akan mengharumkan nama sekolahnya dalam lomba cerdas cermat yang diikuti oleh sekolah-sekolah terkenal di sekitar kampungnya.

Lalu ada tokoh Mahar seorang anak yang imajinatif, kreatif yang walaupun sering mendapat ejekan dari teman-temannya namun berhasil mengangkat derajat sekolahnya dalam karnaval 17 Agustus. Selain itu kesembilan orang Laskar Pelangi yang lain pun dalam novel ini dikisahkan begitu bersemangat dan berjuang dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.

Keseluruhan kisah Laskar Pelangi ini tersaji dengan sangat memikat. Pembaca akan dibuat tercenung, menangis dan tertawa bersama kepolosan dan semangat juang para Laskar Pelangi.
Namun tak hanya itu saja, novel ini juga sangat berpotensi untuk memperluas wawasan pembacanya. Deskripsi lingkungan Kampung Melayu Belitong yang dideskripsikan secara jelas dan memikat membuat pembaca novel ini akan mengetahui kondisi lingkungan dan kondisi sosial budaya masyarakat Kampung Melayu Belitong yang hidup dibawah garis kemiskinan yang ironisnya ternyata hidup berdampingan dengan komunitas masyarakat gedong PN Timah yang hidup dengan segala kemewahan dan fasilitas yang lebih dari cukup.

Novel ini juga memuat glossarium lebih dari seratus entri yang sebagian besar berisi entri nama-nama latin tumbuh-tumbuhan, hewan, mineral yang ada dalam perut bumi, makanan, istilah ekonomi, budaya dan lainnya.
Dari segi alur cerita novel ini sepertinya akan memikat pembacanya untuk segera menyelesaikan novel inspiratif ini. Kalimat-kalimatnya enak dibaca dan mengalir secara lancar.

Namun kemunculan nama-nama latin dari tumbuh-tumbuhan sepertinya akan membuat kelancaran membaca novel ini menjadi sedikit tersendat. Selain itu eksplorasi tokoh Lintang yang jenius disaat berdebat dengan seorang guru dari kota pada saat lomba cerdas cermat terasa tidak logis bagi seorang anak SMP karena di bagian ini Lintang dengan fasih memaparkan prinsip-prinsp optik Descrates, Newton, sampai Hooke.
Namun karena kisah ini dikemas dalam bentuk fiksi maka batas antara fakta dan fiksi kiranya tak perlu diperdebatkan. Pada intinya novel Laskar Pelangi menyampaikan pesan mulia bahwa kemiskinan bukanlah alasan untuk berhenti belajar dan bukan tak mungkin sebuah sekolah kecil dengan segala keterbatasannya ternyata mampu melahirkan kretaivitas-kreativitas yang melampaui sekolah-sekolah favorit yang telah mapan baik dari segi fisik maupun pengajarannya.

Selain itu kehadiran Novel Laskar Pelangi ini setidaknya akan membuktikan bahwa penulis lokal mampu menghasilkan sebuah novel yang menggugah dan inspiratif yang selama ini sepertinya didominasi oleh penulis-penulis asing.

About these ads

Responses

  1. review yg lengkap

  2. ok!

  3. minta buku gratis

  4. waktu nonton di acara kick endy, sempat nangis waktu andrea ketemu ibu muslimah. pingin skali punya bukux bantuin dong

  5. Kalau buku gratis..susah mas.
    kalau pengin buku dan susah dapatnya karena jauh dari gramedia (mugkin diluar jawa) saya sarankan beli buku online saja.
    http://www.palasarionline.com
    http://www.kutukutubuku.com

  6. boleh tuh bukunya da ga neh stoknya

  7. jadi penasaran banget nich………….. mau punya ah……………. Thnks y..

  8. Thanx’s reviewnya, mungkin bisa kasih info tentang buku lain yg menyoroti mengenai pendidikan di Indonesia, terutama daerah yg terpinggirkan?

  9. saya tertarik dengan cerita akan buku laskar pelangi tetapi belum sempat ke gramedia, satu hal yg perlu kita lihat juga cerita yang sama untuk mengangkat budaya dari suatu daerah biar bisa terangkat, saran buat penerbit utuk coba menelusuri cerita dari daerah penyengat kepulauan riau, tanjung pinang barang kali aja bisa diangkat seperti cerita dari belitung ini,

  10. och..god….
    masih penasaran bgt nich……kick andy lewat,,,nih,,,
    pengen baca…nohhhhhhh

  11. duh terharu banget waktu liat sang penulis ktm ma gurunya di kick andy,,
    pengen banget dapetin bukunya tapi blom sempet hunting ke gramedia..

  12. Perlu banyak orang yang mengangkat kondisi masyarakat kita di daerah-daerah berkaitan dengan pendidikan dan aktivitas sosial lainnya

  13. wktu dnger kisahnya langsung di kick andy aplgi wktu dia ktmu gurunya (yg dia anggap pahlawan),
    sangat mengharukan sekali.
    pnasarn mo tau crta lbh nya.
    tmbah 1 lg nih koleksi Reality Novel Indonesia.
    mudah2an presiden jga baca ya. jd beliau bsa sadar klo daerah trpencil yg “tak terjamah” oleh pembangunan pemerintah, bkn berarti bodoh. mereka msh pnya semangat utk maju ko. cuma trtutup aja oleh ke egoisan manusia yang diatasnya. kali aja beliau jd trgerak utk memajukan anak negri dlm fasilitas pendidikan sampe kepelosok desa bahkan sampe anak2 yg ada di hutan rimba. jgn selalu berpangku tangan pada manusia baik hati yg menjadi relawan.
    that’s ur responsiblelity 2 Mr.!!

    (loh ko’ jadi protes)

  14. bagus membawa inspirasi hidup yang cerah

  15. I was interested to read this book. we can tAKE new opinion of our cultural. Thanks

  16. buku ini bagus baget!!!
    apa lagi buat pelajar seperti saya,banyak pelajaran yang dapat saya ambil dalam buku ini.
    buku ini juga mengajarkan saya untuk terus belajar menuntut ilmu,walawpun di tengah-tengah kondisi ekonomi kedua orang tua saya yang pas-pasan.
    tadinya saya sempat putus asa dengan keadaan itu,tapi setelah saya baca buku Laskar Pelangi dan Sang Pemimpin membuat saya yakin bahwa Pendidikan itu hak semua orang dan orang mampupun berhak mendapatkan pendidikan hingga bangku kuliah

  17. aq bru aja selese bca bku ini. ni bku keren bget !!
    2 thumbs uppppp !!!

  18. “SUMPAH,,andrea hirata tu keren bgt.. cerita ama bahasanya tu… bwt gw pengen baca itu novel ampe bosen”

    sbnrnya bwt cerita kyk gtu tu mudah,, bnyk orang punya cerita sprti itu,..tp yg jd mslh, gaya bahasa dalam novelnya itu cuma andrea hirata ja yang punya..

  19. “berkat andrea hirata, gw jd suka baca,, rasanya gk enk klo gk baca tiap hari..
    tiada hari tanpa membaca…
    mksh bwt andrea hirata yg udh ngebwt proses hidup gw jd lebih berarti..”

  20. wuidih…
    muantep banget de critanya…
    1. Jln ceritanya seru bkin ga bsa berenti baca
    2. Tema ceritanya bagus krn byk hal sperti ni trjd di dunia
    3. Intisari dr critanya jg bagus
    4. Pokoknya msuk dlm kategori “Harus Baca” de…

  21. waaaah belom baca novelnya… baru baca resensinya aja udah bikin merindiiiiing… (novel horor kaleee pake merinding…)

  22. Uhh…kayanya tu buku oke bgt ya…???
    jd pnasaran ni pengen baca lebih lanjut!
    btw thx bwt reviewnya…

  23. w suka buanget ma buku laskar pelanginya. keren gila!!!!!!!!!!!! n w pengen banget ngeliat org yg psuper duper pinter kayak Lintang.

  24. aku seneng bgt dikasih kado laskar pelangi. bukunya tuh baguussss abisss………..!!!!!!!!!!
    aku tuh penasaran bgt pengen ketemu sama Lintang + A Ling, jadi buruann yah buat filmnya biar ku bisa liat penggambaran cewek idamannya bang Andrea
    Ok…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  25. aku blinya disenen loh……….!!!!!!!!!!!!!!!!!
    harganya cuma 20.000 loh……….!!!!!!!!!!
    tapi isinya ga beda jauh sama aslinya, ku kan masih anak sekolah jadi ku belinya yg bajakkan. soalnya mendingan beli buku pelajaran kata mama. nanti buku marayamah karpov harganya jgn mahal2 biar ku gak beli yg bajakkan lagi. kalo gak kasih diskon 70% untuk ank sekolah, apalagi kalo gratis itu lebih membuat anak2 sekolah seneng

  26. have a good job Babe :)

  27. wuuu……..
    q blom perna baca novel nA….

    tapi q Tertarik dr crta tmen2 d’sKul……..katan na…novel nie keren.kudu en mestiii.baca……..

  28. assalamualaikum……………….
    bukunyabagus banget ana reharu jadi ingat waktu aku kecil sekolah dengan pasilitas sedanya……bahkan untuk makan sehari haripun susah banget…aku dan kedua saudaraku sekolah tanpa alas kaki……..buku ini membuat aku menangis
    namun kehidupan terus berjalan dengan motipasi ingin memjadi kebanggan ortu….alhamdullah saat ini meskipun ortu dlm keadaan sulit aku dapat melanglang buana mencari ilmu hingga kepulau jawa,,,,dan alhamdulilah kedua saudaraku pun tak putus asa untuk menuntut ilmu dengan keadaan ortu yang tidak memungkinkan,,,,,,,,,,alhamdulillah kakaku bisa melamjutkan sekolah diuniversity malaya malaysia,adindaku diuniversitas bengkulu….dan aku sendiri alumn pulau jawa,,,,,,,,,,kabupaten bengkulu utara tempatku penuh cerita hingga SMU……….cerita laskar pelangi membuka memori lama dalam hidupku……….cukup bagus buat penyemangat generasi muda….thank you very much

  29. mas andrea . .
    ap kbr? maaf terlebih dahulu ya kalo udh nesakin sm komentar2 q yg gak jelas…
    but as you know,,buku anda yg the best yg pernah saya baca!!!!
    aq gak sabr lagi mau Maryamah karpov…
    kpn ya?
    buku ini bikin aq benar2 merasa jadi anak indonesia seutuhnya…

  30. bapak hirarta…
    saya salah satu penggemar buku laskar pelangi..pertama kali say mendengar sepintas ulasan kisah cerita ini sewaktu saya menonton acara di kick andy..tapi sampai detik ini saya belum membaca buku itu…gimana saya mau mendapatkan buku itu?karna di kota saya tepat nya di riau -selatpanjang tidak ada terbitan nya.. terima kasih

  31. bukunya bagus

  32. aku jadi pengan baca lagy nih .. …

  33. sepertinya buku tersebut bagus untuk dibaca, dikarenakan saya juga belum membaca buku tsb. saya pasti akan tertarik dgn buku tsb setelah melihat resensinya…………………………………………………..

  34. Menurut saya buku tsb sangat bagus bagi generasi penerus bangsa,dan wajib dibaca oleh kalangan siapapun termasuk orang-orang yg duduk sebagai guru sesuai dengan panutan Ki Hajar Dewantara yg disebut Ing ngarso sung Tuladha,Ing madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.Saya salut dengan Mas Andrea Hirata yg mungkin seumur dengan saya pada waktu masa kecil itu diSD No 1 Muara Enim sum-selatan.salut………!

  35. buku ini sudah seharusnya memberikan insprirasi kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bangkit melalui kisah dan pesan yang disampaikan dalam tulisannya. Allahuakbar……..

  36. Sangat sangat menyentuh hati,apalagi kisahnya yang
    ada kemiripan dengan kehidupan saya waktu sekolah
    zaman dulu.
    Seolah-olah ceritanya menyindir diri saya sendiri,dan salam suxes untuk penulis.
    Saya ingin sekali memiliki buku novel laskar pelangi,
    saya harus hubingi kemana………………..Tank,y

  37. Aku pengeeeen banget baca novel ini

  38. kapan ya aku bisa baca secara lengkap…. help me

  39. Saya belum baca bukunya…… tp, saya percaya kalau bukunya bagus bgtz…..

    smua yang udah baca bilang kayak gitu lho…..
    aku pengen punya bukunya tp, blm punya uang…
    gimana ya…msk harus pinjam…kalo’ pinjam kn g’ asyik…. g’ bsa jj knang2an…..
    slmt bwt andrea hirata yg tlh sukses meluncurkan bukunya….lain kali terbitin lg y….

  40. ntar bacalah bukunya, tetralogynya dah rilis semua ya??
    ada yg ngerekam acaranya di kick andy ga, pengen nonton juga seh

  41. pengen ketemu ama lintangnya nih….

  42. saya pengen banget baca novel laskar pelangi tapii susah banget dapetin novelnya

  43. ya, kalo memang kisah ini pernah ada dan terjadi untuk apa ada unsur fiksi. Semoga alasannya bukan karena unsur komersil.
    tapi memang buku ini bagus koq!

  44. Aku mu beli akh..

    tapi…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    mahal ya?????????????????????
    turunin dunk harga nya pelizzzzzzzzzzzzzzzz
    ok?????????????????????????????????????????????????????????
    ~`._.`~

  45. hehhehe…
    hohohohohohohohohohohohohohohoh…
    hahhahahahahhahahahahhahahahahaha…
    ^^

  46. aku kagum ya begitu aku ngeliat buku itu..
    aku jadi…..
    pengen baca buku itu…
    kalo aku jadi pemerintah nanti aku bakalan buka sekolah gratis buat para orang yg gak mampu agar nti mereka bisa nerusin perjuangan para pahlawan..
    gimana pun kita hidup susah tapi kita harus pinter..
    ok gak???????????????
    ^^ :)

  47. hoh*

  48. ini dari widi…
    gak da e-mail

  49. ada yg bisa aen pianika gak yg lagu na ibu kita Kartini??????????????????????????
    hehhehhehehehhehhehehh…
    abizzzzzzzz penilaian pianika ibu kita kartini..
    hehehe..
    ohohohohoho
    yg tadi itu yg ngirim widi ok yg atas ma yg ini…. :(

  50. ihhhhhhhhhhh …
    mo nonton filmnya atuuuuuh ……….

    cp yg pnya novel nya …
    pnjemin aku donk …..

    mo bacaaaaaaaaaaaaaaa ..

  51. @@@@@@@………mang critanya bgs bgt tp hargane muahal…………

  52. aku mau nonton filmnya tapi penuh trussssssssssss……………

  53. Saya Sangat Suka Dengan Film Itu !!!!!!!!!!!!!!!!!

    Tapi harganyaaaaaaaaa…………………..

    Muahalllllllllllllllllllllllllllllll………………………………..

  54. rame cih rame. . . .

  55. bgs bgt td pas gw istirahat skhull aku baca buku i2 ampe halaman 130 lalu istrht yg ke2 q bca lgi ampe abiezzz gw terharu

  56. gIlEeEe BeNer BuKUnYa kEreN BuAngETZzZz…………… SIiIiIiIpPpPpP bAnGeT DEcH…………………

  57. bukunya okay bngt, pokoknya ceritain tentang iklim dunia pendidikan indonesia sekarang yang masih butuh perhatian lebih dari pemerintah…
    pa lagi filmnya yang nyentuh bngt, slamat buat sutradara dan penulisnya…
    my phone number : 085342000082

  58. Pgn nntn flmx ih…..
    Tp ksni lum nyampe,,hikz..hikz..
    Oya,mas andrea,kpn2,blh dunkz diadain smcm quiz yg hdiahx b’knjg ke Edensor..xixixi..
    Pasti bnyk yg ngkut d..

  59. Stlh bc nvlx,,Pgn nntn flmx ih…..
    Tp ksni lum nyampe,,hikz..hikz..
    Oya,mas andrea,kpn2,blh dunkz diadain smcm quiz yg hdiahx b’knjg ke Edensor..xixixi..
    Pasti bnyk yg ngkut d..

  60. llllllaaaaaaaaasskkkkkkkkkaar ppppeeeeeeeellllllaaaaannnnnnggggiiiiiiiii. BAGUS BANGET

  61. Kpn trbitny novel terakhir?(maryamah karprov)

  62. kisah laskar pelangi sangat mirip dgn kakek saya, atau memang kakek saya yg mengajar di belitung tersebut.
    namanya Abas Bakri (alm) meninggal tahun 1979 di Lahat Sumsel, pernah tugas dibelitung tepatnya di manggar thn 1957 an, nenek saya (istri abas bakri) Siti Zubainah, (100 an Thn)masih hidup bersama anak2nya (4 orang) 2 menjadi guru dan 2 lg ibu rumah tangga, sd sekarang tinggal di palembang,banyak kisah yg tertinggal dibelitung, sampai dengan meninggalnya anak, dll, sekarang apa yang mjadi legenda kakek saya jg terjadi pd saya yg pernah bertugas di pelosok kab. Indragiri Hilir, Riau, smoga menjadi inspirasi bg andrea, wassalam 08127564194

  63. Melihat ringkasan cerita diatas, sepertinya buku tersebut bagus untuk dibaca,tapi saya blum sempat membelinya.

  64. bner Tuch laskar pelangi emang Te-O-Pe Be-Ge-Te
    palagi Qt baca lanjtan crta-y d bku sang pemimpi dan 2 buku lainnya…seru bget dech…

  65. top bgd d???

    pgn d nonton Filmny/???
    cz d daerah q ga da bioskop jdny blm nonton d???

    di tayangin di TV donk???

    kapan ne bagi novel plus CD n DVD gratis nya???

    he…

    sukses terus kak Andrea!!!

  66. good, good………………………………………

    gw ska ma critany
    mski gw g prnah bc!
    tpi gw sering denger critanya dri temn2

    gw mkin penasaran nch ma sosoknya lintang!
    kpan y andrea bsa dtg kkbnjahe???????????

  67. …..aqUwh cuKa b9dH cZ keReN bgDh kiSaH nA….

  68. Saya sudah ada buku “LASKAR PELANGI”
    Acungan jempol patut di berikan buat pengarangnya,
    Karena dari alur ceritanya sangat meanrik perhatian semua orang tanpa terkecuali.
    yang paling enak dari buku ini pas bacanya lho,,
    buat kita bertanya-tanya gimana ujung ceritanya,,
    “pengalaman pribadi ku gitu laho”,,,,,

  69. gw salut tuk buku laskar pelangi. isi menyentuh dan sangat dekat dengan kehidupan kita

  70. kok gak da sexx siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih

  71. selamat untuk penulis, karna telah melahirka novel yang sangat luar biasa…….!!!!!yang bisa menggugah hati umat indonesia

  72. Terimakasih Buat Mas Andrea Hirata Yang telah memberikan motivasi hidup melalui novel LASKAR PELANGI dalam mencapai sebuah mimpi, dimana segala keterbatasan bukanlah suatu halangan untuk menggapai cita…semoga semua orang yang ada di negeri ini dapat tergugah hatinya untuk tidak menjadikan segala keterbatasannya sebuah halangan untukmengejar mimipi-mimpinya.

  73. mak nyus buku_na

    gue dah baca berulang kali cz buat tugas akhir kuliah nich.heeheheheh

    ANdrea, jangan hengkang dari dunia penulis dunkz. tulisan model begini ini yang sekarang dibutuhkan terutama untuk anak-anak. aku ajah ingin jadi penulis cerita untuk anak-anak. doain yach!aminnn.

  74. Mas Andre jago nulisnya! Membuat Pak Presiden ikutan nonton, membuat aku adi kepengen juga ngangkat cerita tentang sekolah yang ada di desaku sejak tahun 1987 hanya memiliki 3 ruangan kelas. Padahal, tuntutan jumlah penduduk semakin mendesak.
    Gimana ya? dikatakan jauh dari kota, enggak juga sih…yang membatasi kami dengan kota hanya sungai Je’neberang. Itupun bukan halangan bagi kami buat menuntut ilmu.Atau memang perhatian pemerintah yang kurang buat pendidikan?

  75. andai aku jadi pengarangnya pasti hebat bener.maju terus pantang mundur.bukunya hebat……………………………… xxxxxxxxxxxxx

  76. kalau menurut saya bukux bagus sekali,buku ini juga bisa memberikan motivasi (penyemangat)
    buat saya.

  77. buku itu mang bagus bgt..??

  78. bukunya bagus sekali…!!!

  79. bukunya menarik,..
    kayanya.!
    Tpi, siapa ya yang punya bukunya?
    pleassseeeeeeeeeeeeeeee, pinjem dwong!
    bolleh kan:?

  80. ceritanya bagus banget….
    Aku terharu melihat suasana yang berbeda…

  81. cerita laskar pelangi sangat mengharukan
    aku dari SDI. ANNUR. Bersama teman ku NADYA Di atas.

  82. setuju banget..emang bagus…

  83. sangat menarik, ingin baca 2X, ga cukup 1X

  84. bgus
    bgt,,,,,kita bisa nangis,
    bisa tertawa,
    bisa mengambil hikmah dari
    semuanya itu

  85. review yang jeLas mmbuat para pembaca puas .

  86. sepanjang hidup inilah buku yang sngatttt mnkjubkan yg perna saya baca ……inilah buku yg bikin saya nangis dan kagum …dan banyak manfaaatnya.. terutama bagi diri saya sendiri………..

  87. cara mendownload bukunya gmna?

  88. cara mendownload bukunya gmn?

  89. ok

  90. a best book

  91. smga di cth smu4 masyarakat indonesi4 khususya pelajar.

  92. Mas andre saya salut dengan buku laskar pelangi dan sang pemimpi sy baca di internet mau diterbitkan di 21 negara dalam 30 bahasa,,semoga anda terpilih yg menerima Nobel sastra dunia selamat untuk anda.salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: