Oleh: fayday | Oktober 6, 2008

Fenomena Tindihan saat Tidur (Sleep Paralysis)

Sebelum lebaran kemarin, saat dapat email yang membahas fenomena tindihan. saya pikir hal ini sangat bermanfaat jadi saya tulis ulang disini.

Fenomena Tindihan Waktu Tidur (Sleep Paralysis)
________________________________

Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Tenang, Anda bukan sedang diganggu mahkluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya!

KEJADIAN ini sering saya alami sejak zaman SMA, bahkan hingga sekarang (meski frekuensinya sudah sangat berkurang). Saat hendak bangun dari tidur atau baru saja terlelap, saya merasa seperti ditindih sesuatu. Ini membuat saya sulit bangun ataupun berteriak minta tolong. Lalu, ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung
tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali.

Setelah itu, biasanya saya tidak berani tidur. Takut kesadaran saya hilang atau kejadian itu berulang lagi. Apalagi saat kejadian, saya seperti melihat sebuah bayangan di kegelapan. Pernah saya saya bercerita tentang hal ini pada ibu saya. Beliau mengatakan saya mengalami tindihan. Dan menurut kepercayaan orang tua, yang menindih adalah makhluk halus. Ih, seram ya! Namun, logika saya berusaha mencari penjelasan ilmiah. Inilah hasilnya

Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Jangan Anggap Remeh

Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat. Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara

- Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.

- Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.

- Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.

- Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.

- Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.

- Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.

- Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.

- Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.

- Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.

- Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.

- Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.

About these ads

Responses

  1. ohhh ini ilmiahnya… br tahu :D

  2. [...] Bunot atau Benau. Tapi penyebab utamanya adalah faktor psikologis. Lengkapnya bisa baca di blog Bang Fayday ini. Tags: benau, bunot, fenomena, [...]

  3. Begitu yah…. ko kliatanya ilmiah tapi maksa banget…

  4. tapi emang kadang antara ilmiah dan mistis ada persinggungannya cuman beda dimensi, jadi tidak bisa juga 100% kita menafikan ghaib, coba malaikat dan jin di ilmiahkan apa bisa?

  5. ya..memang penjelasan ini adalah metode barat..kalau kita (terutama saya sebagai muslim)
    1. Berwudhu sebelum tidur
    2. Membaca ayat kursi
    3. Dua ayat terakhir QS. Al Baqarah
    3. Membaca Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas
    4. membaca Do’a tidur

  6. oooo…. gt, sippp…. bagus bgt, makasih ats info ny.

  7. mendingan baca doa sebelum bobok

  8. secara ilmiah mungkin masuk di akal juga dimana kita telah melakukan aktivitas yang banyak seharian sehingga tenaga kekuran dan otot kita disaat itu istirahat total, akan tetapi cerita menurut sesepuh kita pun ga bisa kita pungkiri juga, orang tua kita bilang bahwa hal itu disebut di keukeupan ku eureup ereuh ( dipeluk sama jin ) ya itu tergantung penafsiran saja sech…. cari hikmah nya jangan lupa berdoa dulu dan jangan lupa bersih bersih, trims

  9. Aku jugga pernah,.. Dari SD sampe SMA sekarang inni. Saking keseringan, aku cuekin ajja tu tindihan.. Lama2 ilang ndiri. Tpi yang aneh, waktu aku berdoa dalam hati/nyebut nama Tuhan, otak saya kayak ditusuk-tusuk, pinggang saya kayak dicolokin pake jari (mau ketawa karena geli gag isa),. Tapi kal0 aku mikirin hal lain wktu tindihan itu, nggag ada reaksi apa-apa.
    Terus, pernah and sering waktu aku tindihan, aku tuh gerakin keras-keras kepalaku (ya ampun sakit banget, sumpah!), aku tuh bisa sadar. Bisa gerak bebas. Mau bobo lagi, 10 detik kemudian tindihan lagi. Anehnya tindihannya waktu aku masih melek… Anehhh. Dulu juga pernah, waktu aku terbangun denger adzan sm suara bayi nangis, aku langsung tindihan. Langsung! Padahal, masih melek juga. Wahhh, sebel banget. Sampe pernah nangis saking jengkel and terganggunya sama ni penyakit… Saran d0nggg,.

  10. 1st… saya seneng, ternyata ada yg membahas masalah kecil spt ini, namun banyak yg pernah mengalaminya dan tidak sedikit mengganggu saat istirahat kita….

    2nd… Untuk Lintank….
    Mungkin apa yg kamu alamin sama spt apa yg pernah saya alami. Dulu hampir tiap malam saya mengalami tindian, dlm semalam bisa sampe bbrp kali tindihan dan sambung menyambung, bahkan disaat mata masih melek dan kesadaran masih genap pun tidak luput dari tindihan…

    Kalo menurut saya, mungkin jika dilihat dari sisi ilmiahnya, spt halnya tulisan di atas, tindihan yang terjadi pada kita adalah karena tidak sinkronnya aktivitas otak/pikiran dengan aktivitas tubuh, pada saat tubuh sudah terlalu lelah, namun pikiran masih beraktivitas kesana kemari, yang akhirnya terjadi tindihan.

    Alhamdulillah akhir2 ini saya sudah jarang mengalami hal itu, karena jujur hal itu sangat melelahkan, semakin berusaha bergerak semakin capek, semakin melawan tenaga kita semakin terkuras. Saran saya, jika kamu mengalami tindihan, sebaiknya kamu konsentrasikan kesadaran kamu (karena pasti yakin bahwa saat itu km sedang sadar), kemudian hilangkan perasaan2 takut yg terkait dgn mitos seputar tindihan, kemudian kamu atur nafas dan berusaha untuk rileks. Bbrp kali cari ini saya praktekan, alhamdulillah hasilnya cukup membantu, dan saya tidak khawatir lagi jika terserang tindihan yg terus menerus..
    ….
    Semoga bermanfaat.

  11. Aku ngalamin tindihan dari SD kelas 3 sampai sekarang umurku sudah 30 th,tindihan ini sangat menyiksa bagiku kadang aku suka pasrah mungkin ini ajal yang akan
    menjemputku tapi sering pula aku melawannya untuk bisa bangun dan sadar.Sering pula istriku membangunkan aku setelah aku memberinya tanda dengan suara yang sebisanya,tetapi sangat menyakitkan apabila proses membangunkannya secara pelan-pelan setiap tepukan tangannya mengenai badanku aku merasakan sakit yang sesakit sakitnya apabila dibangunkan secara lang sung itu lebih baik walaupun aku mengalami sakit kepala yang sangat hebat tetapi aku dapat bangun dan tersadar ini merupakan dilema bagiku karena keseringan tindihan ini aku sering takut menghadapi tidur, aku tertidur bila ngantuk teramat sangat dan menghindari tidur tengkurap krn apabila tindihan itu datang ketika badan tidak bisa di gerakan dan napas pun sesak akan beberapa lipat lebih menyiksa di bandingkan terlentang.aku mengalaminya seperti terjebak dalam kehidupan dan kematian dimana pikiran dan perasanku sadar dan aku mengetahui keadaan disekitarku dan aku tidak bisa berbuat banyak,aku hanya bisa mengerang itu pun kalau keluar suaranya untuk memberikan tanda. berbahagialah orang yang tidak pernah mengalami tindihan atau pernah hanya beberapa kali dalam hidupnya karena aku mengalaminya tiap aku tertidur baik siang maupun malam tetapi aku juga bersyukur aku selalu di ingatkan akan kematian yang dimana kita tidak dapat menghindari dan melawannya.setiap aku terbangun berarti aku masih diberi kesempatan tuk hidup dan bertaubat kepada ALLAH SWT.

  12. Bagaimanapun ini adalah anugrah yang multi manfaat.Denga kejadian ini telah menambah manusia akan pengetahuan.Karena kita tahu ini hal ilimiah.Jadi tidak langsung percaya sama mitos.

  13. Saya br bc artikel ttg tindihan.Mksh bgt infonya.
    Sjk kls 3 SD sy mulai tindihan smpai skrg 21th.Hanya sj sdh brkurang frekuensinya.D keluarga sy nggak aneh lgttg ini coz papa,mama,adik,kakak jg prnh.Tp yg plg sering y pa2 dan sy.Hmpir sm sprti pengalamn inkubusmen d atas.Trjadi hmpr tiap hari dan lbh dr sekali.Tp sm ortu g prnh dkonsultasikan ke dokter.Paling kl tindihan d bangunin,d bilangin d suruh bc doa aja.Sy pun bljr sndiri cr mengatasinya.Ketika tindihan jstru jng mlawan,coba rileks tp jng smpe terhanyut.

  14. Saya lebih percaya dgn penjelasan ilmiah, dah sangat berterima kasih pada penulis blog ini, terjawab sudah rasa penasaran saya slama ini..

  15. Klo aq bgung,tindihan pa bukan ya.. Tiap mau bangun tidur,tiba tiba badan g bisa digerakan,tpi mata msh merem,tpi sadar, truz klo dibiarin(g berusaha buka mata),badanq kesemutan, cuma jari2 kaki yg bisa digerakan, klo udah mata kebuka baru deh g kesemutan,nd bdan bisa digerakan lagi.. Kira2 kenapa y?koq ada kesemutanya?

  16. Wah trnyata mmang hmpir stiap org prnah mngalami tindian.., saya jg sring mgalaminya..,brawal ktk saya klz 2 sma.., wktu itu hmpir tiap x aq bobo ciank.,q mgalami tindian.., sperti yg d alami responden d ataz.,smbung mnyambung ktany..,baru bru bbrapa dtik trbangun dr tndian.,dg kndisi sadar + mata melek., tba2 tndian lg.,kdang2 bsa nyampe 2-3x..,tp klo akhr2 ne frekuensinya sdah brkurang & lbh bnyak trjadi saat tdr mlam..,pnah sya sperti mlihat pocong mnindih dada saya..,tindian ini bgi sngat mgganggu.,coz lo abiz tndian pzti jd ssah bobo lg..,dan mrasa ktakutn.,

  17. ternyata emang banyak yang mengalaminya. tenang aja, tubuh anda masih istirahat tuh.

    mohon feedbacknya ya.. :
    http://logbook-angga.blogspot.com/2009/06/solusi-mengatasi-tindihan-eureup-eureup.html

  18. Waw, makasih. Ini baru aja bangun dari tindihan. Langsung cr tw skrng. Udah 5 taun ky gni. Dkrain d tindih setan bnran. Haha. Makasih bnyak om

  19. iya bener bgt,,,
    tapi kadang kata orang tua ada benarnya juga,walau secara ilmiah uda dibuktiin,rasa takut itu pasti ada,

  20. Wah..gw pikir cuman gw yg kena tindihan..ternyata rame..seumur gw cuman 1 x..tapi menyakitkan…kyak nyawa kita mao dicabut gtu…pasti ada hantunya ni…T0T help me!!

  21. Q jg srg bgt tindihan malah skrg badan & kepala gw bergetar hebat saat tindihan n pernah lht kuntilanak jg seremm…

  22. Td mlm pun saya mengalami tindihan berulang2 kali dlm 1x tdr. Memang faktor uTama nya sblm tdr saya mbAtin setan or mitos dlm hati uda parno sndri,trs kejadian tindihan usaha melawan dan membAca doa tasbih

  23. saya sering mengalami tindihan..tapi memang seringnya pada saat kondisi badan sudah amat sangat lelah…dulu saya mengatasinya dengan cara berusaha tetap rileks/tidak melawan,dgn bgitu badan akan mudah digerakkan,tetapi seorang teman mengatakan hal tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan kmatian.apakah benar seperti itu???karena alasan itulah setiap mngalami “ketindihan”saya selalu berusaha melawan..apa yg sebaiknya saya lakukan?

  24. Thxs artikel ny..!
    Sgat brmanfaat..
    Ni aq bAru ja bgun dri tindiHan..2x dlam tdur siangq ini..Bdan n tgan q brgetar…q coba melawan,eh mlah getaran ny smkin kuat..
    Lgsg ja q bgun,,truz bAcA ni artikel. .
    Mksh bwt smua ny..

  25. Aku juga sering tindihan….
    Pas tindihan, pernah lihat halusinasi semacam hantu dudukin orang disebelahku, lalu dia nutupin muka aku pake tangannya…
    Saya setuju kalau ini disebabkan oleh kelelahan, karena itu yang saya alami

  26. saya jga sering ngalamin gni saat msh kuliah.mungkin karna kcape an kuliah ampir tiap mlm tdur d tindih.ju2r gak enak bgt law ngalamin seperti ini karna keseringan ini membuat sya cemas.tlg donk solusi ny.

  27. gejala secara biologis jg memang ada , tpi kbykan yg mengklarifikasinya itu brkaitan dg hal yg mistis ,

  28. DUA METODE PENYEMBUHAN KETINDIHAN!!!

    Teman2 yang sering ketindihan, saya mau sharing cara mengatasinya.
    Di Sul-Sel tempat asal saya, hal itu disebut ketindissan. Nah, saya mengalami sejak kecil sampai hampir selesai kuliah.
    Setelah itu, setelah mempelajarinya berminggu2, akhirnya saya mendapatkan metode untuk mengatasinya. Sudah belasan tahun, bisa dihitung jari tangan kanan, saya mengalami ketindihan.
    Saya setuju dengan tulisan di atas, karena sedikit banyak bersesuaian dengan analisa saya. Tapi ada satu yang kurang, yaitu umumnya ketindihan muncul karena dalam diri kita ada rasa takut yang tersembunyi, takut itu biasanya muncul ketika kita kecapean dan tidur. Dan takut itulah yang menguasai kondisi sleep stage yang tidak benar itu.
    Lalu apa metode yang saya lakukan?
    Metode 1:
    Sebelum tidur, saya bayangkan apa yang paling saya suka saat itu yang akan saya munculkan andai ketindihan terjadi. Setelah berdoa dan tidur, maka ketika ketindihan terjadi, maka saya katakan dalam diri saya: “Ok, saya yang control apa yang terjadi pada diri saya dan sekitar saya. Lalu saya katakan dalam hati, muncullah (apa yang paling saya suka di hadapan saya, untuk Anda silakan cari sendiri). Lalu tiba2 apa yang saya mau muncul itu jadi muncul, lalu saya perintahkan dia melakukan apa yang saya mau, dia melakukan sampai saya merasa senang dan tenang. Ketika saya semakin senang, maka perlahan saya masuk ke kesadaran penuh, dan akhirnya bayangan itu pun hilang, saya keluar dari ketindihan tanpa sakit apa pun.
    Sejak itu saya menyukai ketindihan, karena saya jadi raja yang perintahnya diikuti. Tapi sejak itu, saya jarang ketindihan bahkan setelah beberapa bulan, saya tidak pernah lagi ketindihan (sekarang dalam 2-3 tahun, belum tentu ada sekali saya ketindihan).
    Metode 2: Metode bangun dari hipnotis.
    Metode ini bisa juga digunakan buat orang yang kena hipnotis dari tipuan orang lain.
    Ketika Anda merasa ketindihan. Maka mulai menghitung di dalam hati dari 1 sampai 3. Mulailah sebut dengan jelas dalam hati:
    Saya akan hitung satu sampai tiga. Setiap hitungan akan melompatkan saya ke tingkat kesadaran lebih tinggi sampai saya terbangun.
    Satu, saya merasakan sebuah energi terang masuk ke dalam tubuh saya melalui kepala, leher, badan, dua tangan sampai ke ujung kaki. (sambil katakan ini, bayangkan energi itu masuk ke dalam tubuh).
    Dua, tubuh saya terisi penuh energi, siap bergerak. Otak saya terang dan kuat.
    Tiga, mata saya siap terbangun dan saya bangun dari tidur.
    (Lalu buka mata segera).

    Kedua metode ini harus dilatih sehingga bisa Anda kuasai. Insya Allah jika Anda sudah kuasai, maka ketindihan akan jarang terjadi lagi pada Anda.

    Bagi yang belum kuasai metode di atas dan masih ketindihan, maka jika akhirnya Anda terbangun dari ketindihan, Anda jangan langsung tidur. Berdiri, gerakkan tubuh Anda sehingga segar kembali dan otot yang sakit jadi nyaman, barulah Anda coba tidur lagi dengan posisi tidur yang berbeda. Insya Allah tidak ketindihan lagi karena fase sleep paralysis sudah lewat dengan cara tsb.

    Semoga bermanfaat.

  29. [...] percaya kalau tindihan itu bukan soal perkara mistis. Tindihan menurut beberapa ahli merupakan sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye [...]

  30. thankz tas infonya. saya mengalaminya dari masa SD hingga saat ini 20th. smpai sekarang saya takut untuk tidur dalam posisi terlentang…

  31. Saya prna ngalamin tindihan,, waktu itu sebelum pulang ke rumah saya melihat kecelakaan di jalan raya 100km dr rmh saya… Setelah saya nyampai dirumah,, saya langsung tidur tanpa cuci kaki… 10mnt setelah saya trtidur,saya mengalami tindihan pdhl bdn saya fit,,dan pikiran saya jg gag stres… Saya tindihan dlm posisi miring ke kiri dan mata masih stengah terbuka saat itu saya melihat sesosok wanita dngn baju putih dan rambut panjang ala gimbal dgn raut wajah yg gag karuan dan ksebegitu kelihatan… Saya pun hanya terbelalak melihatx pikiran sya saat itu”ngapain cewek ini masuk kmr gw?” sblumx saya gag prcaya akn hantu dan wktu bgun coba saya taxkan k3 saya,dy mnjawab”itu kuntilanak” tp saya snang brkat tindihan saya bisa melihat hantu… Hahaha,,

  32. wah, gitu ya ternyata, selama ini aku gak anggap apa2 tuh.. trims nfonya..

  33. Hampir sembilan puluh persen org ketindisan tu yg diliatnya adlh sosok..yg bgmna ato crita ttg image yg buruk…jdi jlslah mslh ini msh relevan dgn mitos mhluk gaib..kan udh bnyk yg buktiin….

  34. mungkin semua orang menanggapi ini secara ilmiah..
    tpi kita jangan mengesampingkan mitos juga.
    semua yang dikatakan saudara benar adanya.

    aq mau berbagi pengalaman. pertama kali aq merasakan gangguan ini waktu aq berumur 8 tahun. dan yang pertama ini juga yang bikin aq dan keluarga aq terheran”.

    waktu aq mengalami gejala ini. aq mendengar seseorang yang memanggil ku. dan aq merespon mencoba untuk membuka mata dari tidurku.
    dan aq langsung merasakan respect yang sangat amat menyakitkan.

    aq mendengar suara itu bergema terus menerus ditelingaku dalam tempo cepat. dan aq mulai merasakan tubuhku perlahan” terasa terbang.
    aq mencoba teriak tapi aq tak kuasa.

    beruntung pas waktu aku mengalami kejadian itu kamar pintu aq gk dikunci.
    dan kebetulan ibuku menjenguk aq dikamar. beliau masih jadi saksi hidup melihat tubuhku terbang melayang sambil berputar” diatas ranjang.

    dan beliau pun segera memanggil ayah aq. ayahku bercerita mencoba menarikku, tpi beliau merasakan adanya aliran listrik dibadanku.
    dan beliaupun bingung.

    seketika ibuku langsung bergegas mengambil air wudhu dan sholat dikamar ku. beliau membacakan ayat” alqur’an. dengan lanttang dan keras. aq pun dapat mendengar bliau membacakan ayat alqur’qn tersebut. tpi aq sudah taksanggup lagi dan tak ad daya diri tuk bisa melawan.

    sampai sekarang ini masih jadi pertanyaan hidupku. bahkan di umur aq yang sudah 21th pun aq masih merasakannya. walaupun yang aq rasakan tidak sesakit dan sekejam itu rasanya.

    setelah itu, ayahku datang membawa tetangga seorang ustad di pondok pesantren terdekat. seorang ustad tersebut menyemburkan air kedepan mukaku. dan sekejap aqpun tersentak terbangun.

    aq seorang muslim yang dimana mempercayai hal yang gaib
    untuk cerita lebih lanjut,kontak langsung my FB
    terimakasih wasalam.

  35. Aq akhir2 ini sering ngalamin itu juga,,stlh aq bs trbangun dri tindihan itu aq biasax langsng mludah 3x ksmping kri,,,

  36. thanks bngt atas informasiny.
    Jd saya bsa mmberi jwban ke tman2 saya pada sat kjadian ni dialaminy.
    Informasi ini sngt brmanfaat ntk saya.
    Apa lg ntk orng2 jaman dlu yg msh mmakai mitos.

  37. sy juga sering mengalami yg namax ketindihan tp anehx saya tdk merasa di cekik melainkan di peluk oleh sesosok byngan hitam. sy menyakan hal i2 kpd keluarga sy, dy blng law sy dikuti oleh sesosok mahluk halus yg menyukai sy tp brkat info anda sy sdh merasa lebih baik…

  38. sy juga sering mengalami yg namax ketindihan tp anehx saya tdk merasa di cekik melainkan di peluk oleh sesosok byngan hitam. sy menyakan hal i2 kpd keluarga sy, dy blng law sy dikuti oleh sesosok mahluk halus yg menyukai sy tp brkat info anda sy sdh merasa lebih baik…

  39. kl pengalamanq tindian itu aneh juga, aq kalau tindian itu gejalax sih hampir semua sama ma yg d atas, tetapi wktu dlm hati mau ngomong “astaugfirullahhaladzim” gt, malah rasax g bs ngomong sama sekali, tapi kl ngomong yg laen msh bisa……
    aq juga pernah ngalamin tindian yang aneh, waktu mau jumatan dl d kontrakan, aq kn lg tidur, tp setengah sadar gitu. dan pas adzan itu aq denger dngn jelas. aq kn ngantuk, jd rncnax mo tdur aja….(g jumatan gt) tapi pas aq mo tidur itu, langsung tindian.., semakin keras keinginanq untuk tdur, semakin dalam juga tindianku. tp dlm hati niat gt, mo jumatan. kq langsung ilang tindianx…..
    kl solusi untuk aq sih, aq rileksin diri, dg kata lain aq g ngelawan itu dan patika jari atau anggota tubuh bisa digerakin langsung berdiri deh aq…….

  40. katnya sleep paralysis biasa terjadi pd umur 14-17 tahun,tpi aku bru 12 tahun kok sering bgt ngalamin hal itu y??

  41. coba di kaji kembali

  42. Sebenarnya sleep paralysis itu bukan gangguan jin atau makhluk halus, saya salah satu diantara sekian orang yang sering, bahkan hampir tiap minggu minimal 2 kali, setiap malamnya hampir tiga kali, yang saya alami sampai mengeluarkan suara kalimat tayyibah dengan keras kadang suara tidak ketakutan sehingga dibangunkan anggota rumah.saya coba sebelum tidur membaca kalimah Allah namun masih juga sleep paralysis, akhirnya saya menemukan cara berwudlu sambil mengusap kepala dengan air yang lebih banyak( kompres), terus minum air dingin yang banyak, alhamdulillah tidur nyaman. kesimpulan dari gangguan yang saya alami akibat tertekan/depresi terhadap masalah ( pekerjaan, rumah tangga ). mungkin anda bisa mencoba sebelum tidur berwudlu ( bagi muslim ) atau kompres kepala dengan air dingin, minum yang banyak sebelum tidur. insyaAllah tidur nyaman.

    • saya juga pernah mengalami tindihan sprti ini, malahan tiap siang dan malam,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: