Oleh: fayday | November 15, 2007

Sisi Lain Pantai Parangtritis

 parangtritis-5.jpg

Penamaan Parangtritis memiliki kesejarahan tersendiri. Konon, seseorang bernama Dipokusumo yang merupakan pelarian dari Kerajaan Majapahit datang ke daerah ini beratus-ratus tahun lalu untuk melakukan semedi. Ketika melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, ia pun menamai daerah ini menjadi parangtritis, dari kata parang (=batu) dan tumaritis (=tetesan air). Pantai yang terletak di daerah itu pun akhirnya dinamai serupa.

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang penuh mitos, diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan trimurti yang terdiri dari Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta dan Parangtritis. Pantai ini juga diyakini sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah selesai menjalani pertapaan. Dalam pertemuan itu, Senopati diingatkan agar tetap rendah hati sebagai penguasa meskipun memiliki kesaktian.

Sejumlah pengalaman wisata bisa dirasakan di pantai ini. Menikmati pemandangan alam tentu menjadi yang paling utama. Pesona alam itu bisa diintip dari berbagai lokasi dan cara sehingga pemandangan yang dilihat lebih bervariasi dan anda pun memiliki pengalaman yang berbeda. Bila anda berdiri di tepian pantainya, pesona alam yang tampak adalah pemandangan laut lepas yang maha luas dengan deburan ombak yang keras serta tebing-tebing tinggi di sebelah timurnya.

Usai menikmati pemandangan Parangtritis dari tepian pantai, anda bisa menuju arah Gua Langse untuk merasakan pengalaman yang berbeda. Di jalan tanah menuju Gua Langse, anda bisa melihat ke arah barat dan menyaksikan keindahan lain Parangtritis. Gulungan ombak besar yang menuju tepian pantai akan terlihat berwarna perak karena sinar matahari, dan akan berwarna menyerupai emas bila sinar matahari mulai memerah atau menjelang senja.

Untuk mencapai Parangtritis, anda bisa memilih dua rute. Pertama, rute Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis yang menawarkan pemandangan sungai dan bukit karang. Kedua, melewati rute Yogyakarta – Parangtritis yang bisa ditempuh dengan mudah karena jalan yang relatif baik.

1. Pemandangan indah Parangtritis (Jalur biasa)
Jalur reguler ini pasti sudah biasa anda lihat.

2. Pemandangan Parangtritis dari atas (Jalur bukit)

paris1a
Inilah jalur alternative yg akan membawa anda ke sisi tersembunyi parangtritis. Anda bisa menempuh jalur ini lewat siluk atau yg mudah aja lewat jalur biasa tapi memutar.
Susurilah Jl. Parangtritis hingga jembatan krasak, langsung ambil belok kiri. beberapa ratus meter kemudian anda akan menemukan pos ronda disebelah kanan jalan yang mengarah ke bukit parangtritis.

Pemandangan Gunung Merapi-Merbabu dari bukit Parangtritis 

paris merapi

Setelah motor menaiki bukit paling terjal dengan kemiringan 45 derajat, kita akan disuguhi pemandangan gunung Merapi-Merbabu-Kali krasak yg sangat eksotis..Banyak orang yogya yg belum pernah melihatnya

Pemandangan Parang tritis dari bukit sebelah barat (bisa lihat sunset dari sisi ini)

paris2
Setelah itu perjalanan kita lanjutkan dan kita akan menapaki jalan melingkari bukit. Kemudian tibalah kita disisi sebelah barat bukit. sisi menghadap arah tenggara dan anda akan mendapatkan pemandangan yg sangat indah dari pantai parang wedang (sebelah barat parang tritis).
Juga anda akan disuguhi pemandangan petak sawah yg menghampar laksanan permadani. Dari sini anda akan melihat sunset dengan lebih leluasa.

Perjalanan mendaki bukit
Sepanjang perjalanan mendaki bukit, anda akan disuguhi pemandangan hutan kecil, dengan bukit2 batu kapur yg indah. Anda harus pake motor yg sehat..karena kemiringan mencapai 45 derajat

paris4.jpg

Pemandangan pantai parangtritis/parang kusumo dari bukit

paris5

paris7

Setelah melingkari bukit dari utara ke barat, tibalah kita disebelah selatan bukit. dari sisi ini kita dapat melihat parangtritis tepat dibawah kaki kita.

sumber : yogyes.com dan pengalaman pribadi 


Responses

  1. parangtritis??
    wuahhh serem……….kudu hati hati saja

  2. Bagus blognya, jadi ngiri

  3. bukan parang tritis atuh Say… yang buat ketemuan tiga sisi itu adalah parangkusumo, disana ada batu yg khusus t4 pertemuan yg punya laut kidul, yang puny kraton. makanya labuan disana, bukan diparangtritis…

  4. sangat bagus

  5. wAh AsyiK nie pEmaNdangannya,ag Kirimin donk lwt email ag.

  6. goooooooooooooooooooooooooooooooood………………..

  7. parangtritis @ salah satu objek wisata yg indah nan romantis,apalagi pada sore pada waktu terbenamnya matahari.

  8. di PANGANDARAN ada tempat wisata yg sangat indah yaitu green canyon.tempat ter indah yg pernah gw liat.kl ga percaya gatang langsung,aja

  9. Pemandangannya.. Luar biasa! Jd kangen ksana lg.

  10. mantap sekali……………..

    jadi pen cepet kesana nih???

  11. Jadi pengen……………..
    ^^

  12. inilah kekuasaan allah menciptakan alam dengan pemandangan yang indah . perlu dinikmati dan dijaga kelestariannya

  13. wow………………….

    aq pengen bangat ke sana

  14. GOOD………………………..

    AQ SUKA BANGAT

  15. bgus bnget ftoNya,,,, jdi inget ama ortu yg gi di sna… dah ckup lma nih gw gk maen k parangtritis….

  16. parangtritis tuh da dmna yow?? provinsi apa gtu..
    and lokasinya dmna??
    jgn trtawa y krna aku gak tau,, coz bkan daerahku,, aku dri sumatera…

  17. parangtritis terletak di yogyakarta, merupakan deretan pantai yang menghadap samudera hindia.

  18. Pemandangannya baguss tapi hati-hati be careful..bukan masalah panas dalam tapi klo hujan jalannya waahhh jadi medan lumpur…Plus suka ada pohon tumbang…kerja ekstra nyingkirin dulu dari jalan..klo musim panas juga jalannya seperti kali asat(sungai kering) berbatu..tapi pemandangan emg bagus. emg untuk sesutau yg bagus butuh perjuangan. lwt bukit gak kena ReTRIBUSI

  19. mantep bener

  20. ternyata liat parangtritis dari jalur bukit bagus banget..ntar kalo pulang ke yogya pengen nyoba lewat jalur bukit krn tiap tahun kita pasti main ke sana….

  21. aku pengen kesana nikmati alammu !siapapun yang kirim gambar ini thanks yaa!

  22. Subhanallah….
    pEMandan9anNya !ndah bUWaNgetz…
    di fOTo aZa !ndah aPeLageee di kENyataaNNye…
    Lam manis wat y9 buwaca…

    Cheers “Abhey”

  23. aq sih sebenernya tinggal nggak jauh dari obyeknya, sekitar 7 kiloan saja tepatnya di sebelah pasar paing, ds. turi sidomulyo, hanya hari-2 lagi ngupoyo upo di pulau sulawesi, obyek dan ulasannya sangat okey untuk promosi wisata, salut dan salam kenal untuk faday.wordpress.com

  24. the sceneries are very very very beautiful!!!!
    kawaiiii!!!!!
    i luv them!!!!

  25. Luar biasa begitu indah

  26. subhanallah indah nya…

    kirimin dunk ke emailqu..:)

  27. VERY-VERY GOOOOOD

  28. subhanallah yg menciptakan keindahan…………

  29. apiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik tenan

  30. Apalagi liat gumuk pasirnya lbh oke bgt

  31. EMANG JATENG PALING JAGO SOAL PARIWISATA SIIIIIIIIIIIP……………………DECH KOTA GUA GT LOCH!!

  32. siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeep puooooL pxo’EEE!!

  33. Ftnya keren bgt deh!!!
    tp 9sekeren waktu aku ksana.
    moga2 parangtritis ttp bgs aja y……….

  34. Wow…………indahnya ciptaan tuhan!!!!! tidak ada yang bisa menandinginya………….o..0….Tuhan kapan aq bs kesana. Kota Impianku gucu loeeeee..

  35. subhanalloh,,,,,,,
    pantai parangtritis memang indah,,,,smga pantai parangtritis ttap trjga keindahan+kbrshn’y,,,,

  36. uh……indahnya tapi vhie dah berapa kali ke parangtritis kok baru tau ya ada tempat indah kaya gitu jadi kepingin buru kesana….bagus….nget..

  37. wah…………..indahY pantai parangtritis tu….sunggh menakjubkan ciptaan ALLAH tu……

  38. Apik n asik,

    apalagi melihat guguk pasir,,

    mkin asik kalau bsa ktmu cwk2 di sktar ny…
    He..he..he..

  39. dialah yang maha indah dan pencipta segala yang paling indah….
    dan tempat kembali segala yang ada pada manusia yang paling indah ALLAHHUAKBAR

  40. wau………………………paRang Tritis asOy cuY
    inDah BngeT!!!!!

  41. waU,…………………….. aSyik iNdaH bNget
    panOraMaNy

  42. akeh medi ora hehehehe……….

  43. wOOowwwww!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    baguZ bGd…….
    tP seRem,ada raTu paNtai seLatanX…
    ^_^

  44. gooooooooooooood,,,,,,,,,,,,,,,,,,….

  45. Parangtritis,indh bgd..
    Nda kalh am pnte2 dibali yg sllu dikgumi bnyx org.. ,😉

  46. parangtritis toop abizz,inget jaman dl wktu smp

  47. dibukit itu dulu tempatku ngangon sapi waktu kecilku

  48. wah !!! pancen apiiiiiiiiiiiik top !!! sesok rono wae

  49. wah kemaren ku malah blusuk blusuk… g ketemu….

  50. pemandangan itu sanGAt terindah yang pernah aku TEmukan…. goodliked🙂

  51. […] Sisi Lain Pantai Parangtritis […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: