Oleh: fayday | November 28, 2007

Cemburu pada masa lalu

Mozaik_1
Pagi ini kebetulan saya tiba di pabrik pagi sekali..tapi sudah terdengar lagu2 yang mengalun dari LCD TV dari ruang repair di sebelah tempat saya mengeram. Lagu jaman dulu yang masih mengalun merdu..Sepanjang Jalan Kenangan. Tentu syairnya sudah akrab ditelinga..yang isinya tentang mengenang masa lalu dengan mantan kekasih
……
Walau dirimu kini t’lah berdua,
Diriku pun tiada berbeda, namun
Kenangan s’panjang jalan itu,
Tak mungkin lepas dari ingatanku…
…….

Mozaik_2
Sekejap saya jadi teringat pula film Ally McBeal yang salah satu serialnya (yang saya terkesan banget) adalah Ally McBeal (yang sebagai pengacara) dalam ruang sidang berhadapan dengan mantan kekasih cowoknya. Sedangkan pada saat itu John Cage (yang diperankan Peter MacNicol) sedang hangat2nya menjalin cinta dengan Ally. Setelah tahu bahwa pengacara lawan adalah mantan kekasih Ally McBeal, John menjadi uring-uringan, ditambah lagi setelah Ally kelihatan masih memendam rasa pada mantannya.
Pada klimaks ceritanya, pasangan pengacara itu hampir kalah karena saling bertengkar (gara-gara cinta masa lalu), tetapi kemudian Ally pun berkata (yang persisnya saya lupa, tapi saya ingat pokok pembicaraannya) :
– Apakah salah jika saya mencintai seseorang sebelum bertemu denganmu..?
– bukankah itu menjadi bagian dari takdir hidupku yang tidak dapat dihapuskan olehmu..?
– Meskipun saat melihatnya mungkin hati saya masih tergetar, tapi percayalah bahwa saat ini cintaku padamu jauh2 lebih besar dibanding sisa cintaku padanya.


Mozaik_3
Di akhir tahun 2005 saya dikirim ke Korea untuk belajar LCD TV digital, kebetulan salah seorang teman saya sedang mendapatkan kekasih baru dan juga sudah siap menikah. Teman saya curhat yang isinya teman saya (yang laki-laki) punya banyak mantan pacar, sedang pacarnya belum pernah pacaran. Dan baiknya teman saya adalah dia berusaha menghapuskan kenangan dan cinta2 pada mantan kekasihnya, tapi selalu gagal dan tidak bisa.
Saya pun memberikan pendapat, cinta itu seperti operasi perkalian dan pembagian (bukan operasi penambahan dan pengurangan).
– Saat cinta menggebu, rasa cinta seperti dikalikan bilangan jutaan yang membuat kita sesak menahan nafas saking penuhnya cinta memenuhi rongga dada dalam sekejap masa.
– Saat cinta dikhianati, rasa cinta seperti dibagi bilangan berjuta-juta, tetapi yang harus diingat, pasti ada sisa dalam hati walau itu setitik (tapi takkan pernah nol). Kita tidak akan pernah dapat menghapuskan cinta dari hati, hanya bisa menutupinya dengan cinta yang lain.
Oleh karena itu saya sering bicara, obat yang mujarab untuk melupakan cinta adalah dengan mencinta.

Mozaik_4
Pada tahun 2005, saat lebaran saya pulang ke yogya. Karena rencana pulang kampunya mendadak, akhirnya saya nitip beli tiket untuk balik ke Jakarta pada adik mantan pacar saya. Lho kok kurang kerjaan, nitipnya ke dia, gak usah dibahas.. Tiba saatnya kita mau balik ke Jakarta dan saya contact adik mantan pacarku untuk mengantar tiket yang sudah dibelinya, tapi apes..ternyata dia pergi ke Semarang dan lupa mengantarkan tiket pada saya.
Cobaan besar menunggu, saya harus mengambil tiket ke rumah mantan pacar saya (yang sudah berkeluarga juga). Dan akhirnya saya bilang terus terang ke istriku, dan istriku-pun bilang gak masalah dan dia juga mau ikut saja daripada sendirian dirumah. Satu kata yang saya ingat dari istri saya adalah tidak ada gunanya cemburu pada masa lalu.

Mozaik_5
Kamis malam (15 Nov ’07) saya menonton siaran TV O’channel yang sedang menayangkan acara motivation oleh bapak Mario Teguh. Ada seorang penelepon yang menelepon beliau dan berkeluh kesah tentang masalahnya di pekerjaan. Si Boss, orang yang selalu mengingat-ingat kesalahan anak buahnya. Juga kesalahan beliau yang sudah terjadi bertahun-tahun lalu. Walaupun sesudah itu dia banyak berbuat baik banyak, tetap saja yang diingat adalah kesalahannya itu.
Coba bayangkan jika bapak penelepon itu adalah anda dan atasannya adalah pasangan anda, tentulah anda merasa kiamat sudah dekat. Apalagi yang diungkit bukanlah kesalahan, tetapi cinta masa lalu.

Mozaik_6
Selepas sholat asar bulan yang lalu, saya duduk mengobrol dengan seorang teman dekat. sebenarnya kami satu tempat kerja, tapi jarang sekali duduk bertemu dan berbincang santai. Saya cerita ke teman saya tersebut tentang susana syawalan yang baru saya hadiri. dan yang mengagetkan saya adalah dia bertanya,”syawalan di rumah teman cewek atau cowok..?”
saya pun menjawab,”sebenarnya acara itu reuni istri saya dengan temannya kuliah, tempatnya dirumah mertua cewek-teman istri saya”. pastilah terbayang pembaca bingung meng-interpretasikan silsilah tadi. tapi itu bukan hal penting, karena inti cerita ini bukan disitu.
Teman saya itupun berkata,”pak-e, seperti itulah pertanyaan pertama yang pasti keluar dari istri saya jika ada acara reuni atau syawalan”.
Sayapun termenung mendengar ceritanya, membayangkan pertanyaan kedua istrinya yang lebih mengerikan–lha pembukaannya aja sangar gitu–.
“kadang dia bertanya, ada mantan enggak..? atau wow sudah mulai kangen ya..?” kata dia melanjutkan keluh kesahnya.
“Istrimu cemburu pada masa lalu-mu..” jawabku singkat.

Kebetulan di reuni itu saya juga bertemu dengan teman2 istri dan juga mantan2nya yang sekarang sudah berkeluarga (kebetulan istriku menceritakan masa lalunya kepada saya). Pada saat bertemu mereka pastilah ada perasaan asing, tapi situasi itu harus saya kuasai dan saya
yakin cinta istri saya saat ini sangat besar dibandingkan sisa-sisa cinta yang lalu.

Menyatukan Mozaik
Hari ini pikiran saya sedang menggabung-gabungkan potongan-potongan mozaik dipikiran saya. Gambaran yang terbentuk adalah kita tidak perlu cemburu pada masa lalu (pasangan kita).
– Cinta masa lalu pasangan anda adalah hak dia sepenuhnya dalam menjalani takdir sebelum dia bertemu dengan anda.
– Jika benar-benar jatuh cinta, pasti ada titik-titik kecil cinta masa lalu yang tersisa dari pasangan anda, tapi yang paling penting yakinlah bahwa cintanya pada anda sekarang seluas telaga (jika dibandingkan titik-titik air sisa cinta masa lalunya)


Responses

  1. wah mas nya pernah merasakan cemburu pada masalalu pasangan ya? hi hi peace=)

    ehm….setuju masa lalu ya masa lalu

    masa lalu adalah pelajaran
    masa kini adalah kenyataan
    masa depan adalah impian =)

    kadang bila tak ada masa lalu mungkin kita takkan pernah bertemu dengan orang yang kita cintai=)

    • Ehm bgtu ya..hihihi

  2. Nice…walau sulit diterapkan.

    • Sangat sangat sulit diterap kan

  3. na bgaimana menyikapi rasa cmburu kita thdp pcr.krna pcr telah memberikan kesucianya kpd mantan nya.walaupun dia yg skrg cinta kpd kita melebihi cintanya kpd mantan yg meninggalkanya.mungkinkah akan indah bg kita untk melanjutkan ke jenjang pernikahan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: