Oleh: fayday | Desember 5, 2008

Mengapa Manusia Takut Ular?

Kebetulan saya orang yang takut dengan ular, hal ini dimulai saat saya SMA dan digigit ular hingga harus mendapatkan suntikan anti bisa hingga 20 coblosan. sejak saat itu rasa geli dan takur terhadap ular menjadi bagian dari hidup saya. Saya bukan ular-phobia lho..walaupun takut, saya tidak teriak atau lari terbirit jika melihat ular..hanya merinding dan geli.
Ternyata takut ular itu adalah kewajaran, hal ini saya baca pagi ini di http://www.inilah.com.
berikut petikannya..

Inilah.COM, London – Takut ular merupakan pobia yang hampir dimiliki oleh semua manusia. Lalu bagaimana ketakutan itu bisa terjadi? Kini ilmuwan punya jawabannya.

Sebuah penelitian mendapati, manusia memiliki perasaan takut pada ular dan laba-laba sebagai bawaan lahir. Ilmuwan menyimpulkan, baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mendeteksi foto ular diantara benda yang menakutkan lain, secara lebih cepat.

Perasaan takut pada ular ini membantu manusia selamat dari dunia liar.”Ini sudah berlangsung dalam sejarah evolusi, manusia bisa cepat belajar takut pada ular dan menjadi keuntungan saat bertahan dan bereproduksi,” kata Vanessa LoBue, dari Universitas Virginia.

“Manusia yang memiliki kemampuan mendeteksi kehadiran ular lebih cepat tampaknya didapat dari gen,” tambahnya.

Sebelumnya, ahli antropologi mengatakan kewaspadaan pada ular menjadikan perkembangan primata memiliki penglihatan lebih baik serta otak lebih cerdas.

Penelitian mendapati bayi dan anak balita tidak takut ular. Namun memiliki kemampuan tidak biasa dalam mendeteksi ular, dan akan belajar takut pada ular jika mengalami pengalaman buruk.

Untuk mempelajari lebih jauh, ilmuwan menunjukkan orang dewasa dan anak umur 3 tahun gambar ular bersama dengan kodok, serangga dan bunga. Kemudian obyek ini ditunjukkan gambar bunga atau kodok bersama dengan ular. Dua kelompok ini mampu mendeteksi gambar ular yang tersembunyi lebih cepat dibandingkan gambar lain.

“Kami juga mempelajari dengan laba-laba dan mendapatkan hasil yang sama,” kata LoBue.[ito]
Tags : ular, sains


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: